Sunah-Sunah Mudah Yang Terlupakan

Berikut ini adalah amalan-amalan ringan dan berpahala tapi jarang dilakukan. Yang menjadi ciri khas amal tersebut adalah ringan dan mudah diamalkan. harapannya, kita dapat mengisi waktu dengan amal yang bernilai pahala, sehingga jatah umur yang kita miliki bertambah berkah. Disamping, tentu saja mengamalkannya akan menambah kecintaan kita kepada Sang Junjungan, Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam 
1. Senyum kepada sesama muslim
Quote:
Dari Abu Dzar radhiyallahu ‘anhu, dia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,“Senyummu di hadapan saudaramu (sesama muslim) adalah (bernilai) sedekah bagimu“
2. Menunggu hidangan panas hingga dingin
Quote:
Bila Asma'binti Abu Bakar.ra membuat roti, ia menutupnya sampai hilang panasnya lalu berkata "Sesungguhnya aku mendengar Rasulullah SAW bersabda : 'Sesungguhnya, hal itu membuat berkah lebih besar' "(As-Silsilah Ash-Shahihah:I/676)
3. Tidak tidur sambil tengkurap
Quote:
"Sesungguhnya (posisi tidur tengkurap) itu adalah posisi tidur yang tidak disukai Allah Azza Wa Jalla." (HR. Ahmad dan Al-Hakim)
4. Tidak sering keluar malam

5. Tidak banyak tertawa
Quote:
“Janganlah kalian banyak tertawa, karena banyak tertawa akan mematikan hati.” (HR. At-Tirmizi no. 2227, Ibnu Majah no. 4183, dan dinyatakan shahih oleh Al-Albani dalam Shahih Al-Jami’ no. 7435) 
6. Merumahkan anak saat malam tiba

7. Mengucapkan salam kepada orang yang dikenal dan tidak dikenal
Quote:
"Sesungguhnya di antara tanda-tanda telah dekatnya hari kiamat ialah manusia tidak mau mengucapkan salam kepada orang lain kecuali yang dikenalnya saja".[Hadits Riwayat Ahmad. Musnad Ahmad 5:326. Ahmad Syakir berkata 'Isnadnya Shahih'].
8. Makan dan Minum Sambil Duduk
Quote:
Dari Anas dan Qatadah, Rasulullah saw bersabda: Sesungguhnya beliau melarang seseorang minum sambil berdiri, Qotadah berkata:”Bagaimana dengan makan?” beliau menjawab: “Itu kebih buruk lagi”. (HR.Muslim dan Turmidzi)

bersabda Nabi dari Abu Hurairah,”Jangan kalian minum sambil berdiri ! Apabila kalian lupa, maka hendaknya ia muntahkan !” (HR. Muslim)
9. Membunuh Tokek
Quote:
“Barangsiapa membunuh cicak dengan sekali pukul, maka baginya 100 pahala, dan siapa yang membunuhnya dengan 2x pukul, maka baginya sekian pahala (dibawah yg pertama), dan bila membunuhnya dengan 3x pukul maka pahalanya lebih sedikit lagi”. (HR. Muslim).
10. Memakai Alas Kaki dengan mendahulukan yang kanan dan melepasnya dengan mendahulukan yang kiri
Quote:
“Jika kalian memakai sandal, maka hendaklah dimulai yang kanan dan bila dicopot maka hendaklah mulai yang kiri. Sehingga kaki kanan merupakan kaki yang pertama kali diberi sandal dan kaki terakhir yang sandal dilepas darinya.” (HR. Bukhari dan Muslim) 
11. Meletakkan (menutupkan) kedua telapak tangan di mulut ketika menguap
Quote:
Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra. : Nabi Muhammad Saw pernah bersabda, “menguap adalah dari setan. Karena itu, apabila salah seorang dari kalian menguap, tutuplah serapat mungkin karena ketika salah seorang dari kalian berkata ‘huah’ (pada saat menguap), setan akan menertawakannya”.
12. Makan sebelum melakukan Shalat ‘Ied
Quote:
“Rosululloh dahulu tidak keluar (berangkat) pada saat Iedul Fitri sampai beliau makan dan pada Iedul Adha tidak makan sampai beliau kembali, lalu beliau makan dari sembelihan kurbannya.” (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah, sanadnya hasan)
13. Berdoa Ketika memakai Baju Baru
Quote:
Dari Abi Said Al Khudri di berkata : Adalah Rasulullah s.a.w. apabila akan memakai pakaian yang baru, Beliau namakan dengan namanya baik di Sorban, Qamish atau mantel kemudian Beliau berdo’a “ Allahumma Lakal Hamdu Anta Kasaitanihi As’aluka Khairanhu Wa Khaira Mashuni’a Wa A’udzubika Min Syarrihi Wa Syarrama Shuni’a Lahu”.
(HR. Abu Dawud - Kitabul Libas - Bab Ma Yaqulu Idza Labisa Tsaubah Jadidan - No. 4020, HR. At tirmidzi - Kitabul Libas - Bab 29 / Ma Yaqulu Idza Labisa Tsauban Jadidan - No. 1773 )
14. Berkumur ketika Minum Susu
Quote:
Ubaidillah bin Abdillah bin Utbah meriwayatkan dari Ibnu Abbas : "Bahwasanya Rasulullah SAW minum susu kemudian berkumur (dengannya), lalu beliau berkata, "Sesungguhnya susu tu mengandung lemak…". (HR. Al-Bukhori).
15. Shalat ketika Pulang dari Perjalanan
Quote:
Ka’b bin Malik meriwayatkan : "Apabila Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wassalam datang dari perjalanan, beliau memulai (singgah) di masjid kemudian mendirikan shalat di dalamnya." (HR. Al-Bukhori). 
 16. Witir, Shalat Dhuha dan Puasa Tiga Hari Setiap Bulan
Quote:
Banyak umat Islam melupakan tiga ibadah sunnah diatas. Padahal Insya Allah, orang yang menjaga ketiga-tiganya termasuk golongan orang-orang saleh. Abu Hurairah berkata : "Kekasihku (Muhammad Shallallahu Alaihi Wassalam) mewasiatkan tiga hal kepadaku, aku tidak pernah meninggalkannya sampai mati; puasa tiga hari pada setiap bulan, shalat dhuha dan shalat witir sebelum tidur." (HR. Al-Bukhari)
17. Menangis ketika membaca Al-Qur’an
Quote:
Imam Ghazali berkata : "Disunahkan menangis ketika membaca Al-Qur’an. Caranya yaitu dengan menghadirkan kesedihan dan ketakutan dalam hati dengan merenungkan ancaman yang keras serta berbagai perjanjian berat, lalu hendaknya ia melihat betapa sangat lengahnya ia dalam masalah tersebut. Jika tetap saja tidak ada kesedihan hatinya, ketahuilah ini adalah salah satu musibah terbesar baginya."
18. Mengibasi (Jawa:ngebuti) kasir atau tikar ketika hendak tidur

19. Melakukan Tahnik (Memamahkan kurma dan sejenisnya yang sudah dilembutkan ke dalam rongga mulut) bayi yang baru lahir.

20. Shalat Isthikarah 
 21. Bernafas tiga kali ketika minum
Quote:
Anas bin Malik ra. meriwayatkan : "Rasulullah SAW bernafas tiga kali ketika minum. Lalu beliau bersabda : "Sesungguhnya yang demikian itu lebih menyenangkan, lebih baik, lebih bermanfaat dan lebih menyehatkan." (HR.Muslim)

Adapun caranya, kita minum lalu melepaskan gelas dari mulut untuk menghela nafas sebentar, lalu minum lagi dan demikian dilakukan sebanyak tiga kali. Demikian seperti dijelaskan Ibnu Qayyim berdasarkan hadits shahih riwayat Ibnu Majah.
22. Ziarah Kubur untuk mendapatkan Pelajaran
Quote:
Rasulullah SAW bersabda : "Dulu aku melarang kalian berziarah kubur, (sekarang) ziarahlah, karena sesungguhnya kubur itu mengingatkan kalian kepada Akherat." (HR.Muslim)
23. Berdiam di masjid untuk shalat dan dzikir

24. Tidak mengantuk Saat Khutbah Jum'at
Quote:
"Jika salah seorang dari kalian mengantuk di masjid pada hari jum'at, hedaknya ia berpindah dari tempat duduknya ke tempat lainnya"(As-Silsilah Ash-Shahihah:1/760z)
25. Jangan Duduk di Antara Sinar Matahari dan Naungan
Quote:
"Jika seseorang di antara kalian berada di tempat teduh, lalu keteduhannya berkurang hingga sebagiannya di (sinar) matahari dan sebagian lagi di keteduhan hendaknya ia berdiri " (Ash-Shahihah:II/514)
Dalam hadist lain,Beliau menamainya dengan 'Majelis (tempat duduk) setan' (Ash-Shahihah:II/514)
26. Rebahan Setelah Sholat Sunah Qobliyah Subuh
Quote:
'Aisyah menuturkan " Apabila muazin selesai mengumandangkan azan Shalat Subuh, beliau (Nabi Muhammad) berdiri untuk melaksanakan sholat sunah qabliyah subuh, setelah fajar terang. Kemudian beliau membaringkan badan ke sebelah kanan hingga muazin datang untuk mengumandankan iqamat " ( Sahih Bukhari, kitabul adzan(626). Sahih Muslim, Kitabu shalatil musafirin(427).

Sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=7128829



Komentar

pandi mengatakan…
terimakasih telah mengingatkan saya.. dan sebagian lagi mungkin saya baru mengetahuinya.. sekalilagi terimakasih..
Agaga Dewangga mengatakan…
sama-sama mas....saya juga hasil browsing, kita sesama muslim harus saling mengingatkan, semoga kita berda dijalan Alloh SWT, amiiiin...

Postingan populer dari blog ini

TABLO

Karinding dalam Bahasa Inggris dan Indonesia

Sempur