Kutrat kotret
07.53 Posted by Agaga Dewangga 1 comment Posted in
Posted by Agaga Dewangga on 07.53 with 1 comment | Categories:
   Saya adalah orang yang suilt sekali menghafal atau bisa dikategorikan sulit untuk belajar. Ibarat kata buku dan fotocopian kuliah adalah obat tidur, begitu dibaca tak sempat beberapa kalimat bahkan paragraf mata sudah layu. Bagi kawan-kawan yang merasakan hal yang sama atau sempat mengalami jenuh dalam belajar, saya akan berbagi informasi yang mungkin bermanfaat. 
   Setelah saya browsing saya menemukan konsep belajar yang menyenangkan dan cepat, begitu yang tertulis di blog yang saya baca tepatnya di kaskus.  dan blog lain yang saya baca.
  Konsep tersebut ialah MASTER yang terdapat pada buku 'Accelerated Learning for the 21st Century'. Mari kita buka satu persatu, saya akan menjelaskan dengan bahasa dan pandangan saya. 

   MASTER singkatan dari Motivating your mind, Acquiring the information, Searching out the meaning, Triggering the memory, Exhibiting what you know, dan Reflecting what you've learned. kalo diterjemahkan mungkin seperti ini Memotivasi pikiran, Memperoleh Informasi, Mencari atau menyelidiki makna atau arti, Memicu memori, memperlihatkan apa yang anda ketahui dan Merefleksikan dari apa yang telah anda pelajari.

   Dan sekarang mari kita jelaskan satu persatu.

  • Motivating your mind/Memotivasi pikiran anda. 
dalam hal apapun dasar motivasi adalah modal awal kita untuk mencapai suatu tujuan.  dalam hal ini belajar, tentu motivasi adalah langkah pertama yang harus kita tanamkan pada pikiran kita. Pernahkan kamu merasa menderita ketika belajar? menderita dalam hal ini tentu ke arah  malas, wajar dan tentu saja saya juga merasakan hal tersebut, sikap negatif secara tidak sadar otak kita melawan masuk nya informasi karena dianggap negatif. dan tentu saja mau dipaksa bagaimanapun kita akan sulit untuk belajar. cobalah untuk merubah sikap kita, dengan menganggap belajar itu seru dan asyik, secara otomatis otak kita pun akan dengan mudah menyimpan dalam memori. jadi motivasi kita dalam belajar harus di perbaharui lagi, betul? mari kita memaksakan diri :D demi diri kita juga tentunya.
  • Aquiring the information/Memperoleh Informasi.
lebih cepat manakah menghafal lagu? menghitung uang jajan bulanan? atau menghafal jalan kerumah pacar? kalau saya semuanya cepat hafalnya, tentu karena saya yang menulis nya :D. penglihatan, pendengaran dan tindakan adalah 3 hal utama dalam belajar, tentunya tidak ada hubungan nya dengan pertanyaan saya diatas. dan manakah gaya belajar yang paling anda suka? dan anda anggap menyenangkan? kalau anda tahu maka itu adalah gaya belajar anda, segera praktekan.
  • Searching out the meaning/Mencari atau menyelidiki makna atau arti.
Sekedar membiarkan informasi masuk sama sekali tidak cukup. Kita harus berusaha untuk mendapatkan makna dari informasi itu. Ini sama seperti mencerna informasi yang masuk sampai memahami hakikatnya luar dalam. Jadi bukan hanya menghafalkan fakta, tapi terus maju sampai memahami konteksnya dan penerapannya untuk hal-hal lain. Berapa banyak orang yang hanya berusaha menghafal fakta tanpa memahami maknanya ?
  • Triggering the memory/Memicu memori.
kemampuan mengasah otak kita sangat perlu kita lakukan, bisa dengan dengan berlatih mengisi tts atau mencoba menghafal no telp di kontak hp anda. karena kemampuan daya ingat seseorang sangat berbeda, teman saya dengan hanya membaca di angkot bisa mendapatkan nilai 'A' dibandingkan saya yang memakai SKS "sistim kebut semalam".
  • Exhibiting what you know/memperlihatkan apa yang anda ketahui. 
memperlihatkan disini bukan berarti sombong atau sok tahu. disini kita artikan berbagi. pengalaman pribadi saya, ketika saya mengetahui bahwa 4 x 4 = 16 akan lebih cepat paham ketika ada teman yang bertanya 4 x 4 = berapa? karena saya sudah tahu bahwa hasilnya 16, maka secara otomatis memori kita akan mengulang kejadian ketika saya mengetahui jawaban itu. makanya guru cepat paham dari muridnya.
  • Reflecting what you've learned/Merefleksikan dari apa yang telah anda pelajari.
ini adalah akhir dari MASTER, yaitu mengevaluasi gaya belajar kita. kalau saya suka musik rock, tentu anda ada yang sama ada juga yang tidak. begitupun  dengan gaya belajar yang kita jalani, setiap orang punya karakter dan kepribadian yang berbeda, dan ini yang harus kita lakukan, mencoba, evaluasi dan perbaiki kekurangan. coba lagi, evaluasi lagi dan perbaiki. tak ada yang sempurna, selalu saja ada kekurangan. ulangi lagi dan lakukan secara kontinyu.

Plus +++

  • Just Write Even Its One Word/ Tulislah walau hanya satu kata. 
ya, tulis. Tulislah, memori kita kadang tidak bisa menyimpan dalam sekejap. saya pernah mencoba mengahapal lagu dengan cara menulis lirik lagu sambil mendengarkan lagu tersebut, dan saya merasa cepat hafal ketimbang memutar lagu tersebut berulang-ulang.
  • Repeating/mengulang.
setelah ditulis kemudian baca lagi, dan lagi. lakukan secara kontinyu maka akan lebih cepat tersimpan dalam meori kita. sebagai contoh, ketika mengantar kan pacar pulang kerumahnya secara sering kita melakukan nya maka akan cepat kita hapal jalan nya bahkan bisa mencari bagaimana agar lama diperjalan tersebut :D
  • Make It A Need/jadikan kebutuhan.
kalo bahasa inggris nya ga tau bener ga tau salah, correct me if i am wrong. jadikan belajar sebagai kebutuhan untuk kita, seperti halnya makan, minum tidur atau main sepak bola. itu kebutuhan untuk saya, dan belajar harus jadi kebutuhan untuk saya juga, dan sekarng sedang dalam proses hehe...ketika sesuatu hal menjadi kebutuhan untuk kita, dengan motivasi dan segala upaya kita, maka kita akan berusaha meraihnya, tentu seperti hal nya lapar, karena lapar kita makan dan ketika lapar kita akan mencari makanan, itu sebagai contoh kecil. jadikan belajar sebagai kebutuhan untuk kita.

"ilmu tidak akan ada artinya kalau tidak dibarengi dengan amal, yu kita sebarkan dan amalkan"

tanda ++ itu sebagai tambahan dari konsep MASTER, semoga bermanfaat dan apabila ada tambahan dan sanggahan silahkan komentari. 



 

1 comments:

Anonim mengatakan...

Ya, mungkin karena itu

Blogroll

About