Tips-tips Agar Percaya Diri

Kita bicara pertemuan kawan-kawan seangkatan sabtu minggu kemarin lah.

Rencana sudah dibicarakan semenjak ada grup WA, banyak yang mengusulkan dari mulai tempat ataupun hal-hal lainnya, bahkan sampai dengan tangggal pelaksanaannya. Tapi dari sekian hal yang terjadi khususnya saya, entah ide siapa  saya sih ngikut aja. Bukan tidak peduli, kalau hanya membahas tanggal pelaksanaan, dan temat sih bukan menjadi masalah. Yang jelas saya bisa ikut berpartisipasi aja.

Sebelum melanjutkan tulisan ada sesuatu yang ingin saya bahas, tadi saya menulis “saya sih ngikut aja”, secara sadar saya menulisnya, mungkin pemikiran ini sudah menjadi kebiasaan karena keengganan untuk berfikir dan walau hanya menuangkan ide sangatlah malas.

Ketidakmampuan atau keengganan untuk memberikan ide/usulan ini saya alami dari semejak kecil. Dari kecil saya susah sekali mengambil keputusan, dari hal terkecil pun sehingga pada akhirnya saya selalu mengikuti apa ramenya aja. Tidak percaya diri, takut salah dan lainnya menjelang dewasa atau bisa disebut tua, saya akan memberikan beberapa tips-tips untuk memudahkan kita menyampaikan ide atau gagasaan dan juga sikap dalam mengambil keputusan.

Berikut dibawah ini tips-tipsnya.

1.        Selalu Tarik napas dalam-dalam dan membuangnya secara perlahan ketika hendak berbicara

2.        Mengucapkan bismilah

3.        Berfikirlah yang besar, agar ide dan gagasan yang dikembangkan dapat dikategorikan ide yang sungguh brilian.

4.        Utarakanlah di rapat-rapat formal, hindari mengungkapkannya di tempat-tempat warung kopi karena apa yang ada gagaskan mungkin tidak pada tempatnya.

5.        Terakhir, Lihatlah lawan bicara mu, apabila orang-orangnya lebih pintar dari mu lebih baik diam dan dengarkan kata-kata mereka saja (:D)

Sekian tulisan pada hari ini, semoga tidak bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TABLO

Sempur

Karinding dalam Bahasa Inggris dan Indonesia