Karinding dalam Bahasa Inggris dan Indonesia




Karinding in english

By Dhani Irfan
Karinding is a traditional musical instrument Sunda (West Java - Indonesia) made from the midrib
kawung (palm midrib), and bamboo.
Before, Karinding used and played to accompany the lonely night, and it was also used to repel pests with
sounds they produce.
In general Karinding beaten using your fingers (index finger) and use the mouth as a resonator to produce
sound, by the way in at like percussion and tongue as a sound controller. There are several types of sound
produced, with an empty mouth without using the breath and breathing, this will produce different sounds.
This tool can generate a distinctive sound of every man, the kind of melody, rhytm, and bass.
"Yeah.... it's one of my favorite musical instrument, it's simple, humble and easy-to-use, once you play it, and you will play it again and again. There's many karinding club today, and you'll find it everywhere in Bandung. Totally different when I and Dhany Irfan learned this musical Instrument 12 years ago, when Karinding very rare and highly exclusive musical instrument even in Sunda Region. " sad Uloh Gianjar.

KARINDING DALAM BAHASA INDONESIA

Karinding adalah salah satu alat musik Asli dari daerah Jawa Barat tepatnya dari daerah citamiang, desaa pasir mukti Kecamatan Cineam, Kabupaten Tasikmalaya. Walaupun jenis alat musik ini ada yang sama di daerah ataupun negara lain namun Karinding yang terbuat dari pelepah aren taupun dari bambu ini hanya ada di daerah Jawa Barat.
Karinding muncul sebelum alat musik kecapi ada, jadi bisa dibayangkan sudah beratus-ratus tahun silam karinding ada. Karinding dipakai oleh laki-laki dan perempuan, yang membedakannya ialah dalam bentuknya, untuk laki-laki biasanya terbuat dari pelepah kawung dan berbentuk lebih kecil, dengan alasan bisa di selipkan di tempak tembakau. sedangkan untuk wanita terbuat dari bambu dan berbentuk lebih memanjang karena karinding biasa nya di pakai untuk susuk sanggul. namun di tatar sunda daerah timur karinding terbuat dari bambu.
Tidak perduli karinding terbuat dari dan dipakai oleh siapa, namun keberadaan karinding pada masanya sangat berarti sekali disamping sebagai teman dikala hening malam datang, juga sebagai pengusir hama. karena suara karinding yang rendah membuat telinga hama terasa sakit dan enggan untuk bisa mendengar suara itu, walaupun secara ilmu biologi nya saya tidak mengetahui pasti.
karinding itulah dari tatar sunda, ada juga dari daerah lain seperti genggong dari bali, ataupun rinding dari daerah jawa. bahkan dari luar negeri pun ada yang disebut jews harp.
ada ketakutan tersendiri di benak saya, dengan banyaknya alat musik yang sejenis dengan karinding di dunia ini, alat musik ini di hak paten kan oleh daerah lain dan karinding  tidak tersisihkan.
pertanyaan nya? apa yang akan kita lakukan?
karinding telah berdering di Jepang, dan akan berdering terus di seluruh dunia

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TABLO

Sempur