Cerita Neil Amstrong di Bulan


1969: Man takes first steps on the Moon
American Neil Armstrong has become the first man to walk on the Moon. The astronaut stepped onto the Moon's surface, in the Sea of Tranquility, at 0256 GMT, nearly 20 minutes after first opening the hatch on the Eagle landing craft.
Armstrong had earlier reported the lunar module's safe landing at 2017 GMT with the words: "Houston, Tranquility Base here. The Eagle has landed."
As he put his left foot down first Armstrong declared: "That's one small step for man, one giant leap for mankind."
He described the surface as being like powdered charcoal and the landing craft left a crater about a foot deep.
'We came in peace'

The historic moments were captured on television cameras installed on the Eagle and turned on by Armstrong.
Armstrong spent his first few minutes on the Moon taking photographs and soil samples in case the mission had to be aborted suddenly.
He was joined by colleague Edwin "Buzz" Aldrin at 0315 GMT and the two collected data and performed various exercises - including jumping across the landscape - before planting the Stars and Stripes flag at 0341 GMT.
They also unveiled a plaque bearing President Nixon's signature and an inscription reading: "Here men from the planet Earth first set foot upon the Moon July 1969 AD. We came in peace for all mankind."
After filming their experience with a portable television camera the astronauts received a message from the US President.
President Nixon, in the White House, spoke of the pride of the American people and said: "This certainly has to be the most historic telephone call ever made."
Many other nations - including the UK - sent messages of congratulation.
Moscow Radio announced the news solemnly in its 1030 GMT broadcast.
As Aldrin and Armstrong collected samples, Michael Collins told mission control in Houston he had successfully orbited the Moon in the mother ship Columbia, and take-off was on schedule for 1750 GMT this evening. 


Kira-kira terjemahan nya seperti ini 

1969: langkah manusia pertama di Bulan.Amerika Neil Armstrong menjadi orang pertama yang berjalan di Bulan. Astronot itu melangkah ke permukaan Bulan, di Laut Tranquility, pada 0256 GMT, hampir 20 menit setelah pembukaan pertama menetas pada kapal pendarat Eagle.Armstrong sebelumnya melaporkan pendaratan modul lunar di 2017 GMT dengan kata-kata: "Houston, disini Tranquility Base, Elang telah mendarat.."Saat ia pertama meletakkan kaki kirinya Armstrong menyatakan: "Itu satu langkah kecil bagi manusia, satu lompatan raksasa bagi umat manusia."Dia digambarkan sebagai permukaan seperti bubuk arang dan kapal pendarat meninggalkan kawah sekitar sedalam kaki."Kami datang dalam damai 'Saat-saat bersejarah ditangkap pada kamera televisi terdapat pada Eagle dan dinyalakan oleh Armstrong. Armstrong menghabiskan beberapa menit pertama di Bulan mengambil foto dan contoh tanah dalam kasus misi harus dibatalkan tiba-tiba.Dia bergabung dengan rekan Edwin "Buzz" Aldrin pada 0315 GMT dan dua data yang dikumpulkan dan dilakukan berbagai latihan termasuk melompat di sepanjang permukanan sebelum  penanaman bendera Stars and Stripes  pada 0341 GMT.Mereka juga meluncurkan sebuah bantalan plakat tanda tangan Presiden Nixon dan pembacaa n prasasti : "Di sini orang-orang dari planet bumi meletakkan kaki  pertama pada bulan Juli 1969  Kami datang. Dalam damai bagi seluruh umat manusia."Setelah film pengalaman mereka dengan kamera televisi portabel para astronot menerima  dan pesan dari Presiden AS. Presiden Nixon, di Gedung Putih, berbicara tentang kebanggaan rakyat Amerika dan berkata: "Hal ini tentu harus menjadi "panggilan telepon"paling bersejarah yang pernah dibuat."Banyak negara lainnya (termasuk Inggris) mengirim pesan-pesan ucapan selamat. Radio Moskow mengumumkan berita itu secara jelas pada tahun 1030, siaran GMT nya.Dan Aldrin dan Armstrong mengumpulkan sampel, Michael Collins mengatakan pengendali misi di Houston ia telah berhasil mengorbit Bulan di kapal ibu Columbia, dan take-off itu pada 1750 GMT Jadwal malam ini.

# # # rest area____
dan sempat saya berkhayal, mungkin pertama kali yang neil amstrong ucapkan bukan "we came in peace" tapi bisa saja.
"Waaaaw kereeeeen....."  atau " wadooh!!!" mungkin dia kakinya kesandung tangga, atau ingat kalo dia belum bayar cicilan motor, bisa saja kan! dan mungkin saja iya, hanya media tidak mengekspos sehingga hal2 seperti itu tidak diketahui oleh kita.  
dan mungkin kalo saya yang pertama kali katakan ketika menginjakan kaki di bulan, saya akan bilang "hah!!!" silahkan berimajinasi kenapa saya mengucapkan kata itu.


Komentar

Bayu Lebond mengatakan…
ternyata bung armstrong mendarat bersama orang indonesia ya bung...namanya selamet...
Agaga Dewangga mengatakan…
bener mas, kayaknya temennya mas bayu :D

Postingan populer dari blog ini

TABLO

Sempur

Karinding dalam Bahasa Inggris dan Indonesia